EVALUASI PEMBELAJARAN

EVALUASI PEMBELAJARAN 

Oleh : Muhammad Furqan 

A. Pengertian Evaluasi Pembelajaran menurut:

1. menurut Arikunto (2010 : 2) adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunkan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.

2. Zaenal Arifin (2009: 5), mereka menyebutkan evaluasi sebagai “process for describing an evaluand and judging its merit and worth”. Evaluasi menurut Mahrens & Lehman adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.

3. Abdul Jabar (2010:2), evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.

4. Rina Febriana (2019) Pengertian evaluasi dalam arti luas adalah suatu proses dalam merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlu
kan untuk membuat berbagai alternatif keputusan. Sedangkan evaluasi pembelajaran adalah suatu proses berkelanjutan tentang pengurnpulan
dan penafsiran informasi, dalam menilai (ossessment) keputusan yang dibuat untuk merancang suatu sistem pembelajaran.

5. Menurut Sugandi, dkk (2004: 9) menyatakan bahwa pembelajaran terjemahan dari kata “instruction” yang berarti self instruction(dari internal) dan instructions (dari eksternal). Pembelajaran yang bersifat eksternal antara lain datang dari guru yang disebut pengajaran. 

 



B. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi.

1. Ridwan (2006: 37) juga memberikan definisi tentang tes sebagai instrumen pengumpulan data, "adalah serangkaian pertanyaan/latihan yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu/kelompok".

2. Menurut Adisusilo (2012: 234) mendefinisikan assessment merupakan kegiatan untuk memperoleh informasi tentang pencapaian dan kemajuan belajar siswa, dan mengefektifkan penggunaan informasi tersebut untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan tersebut dapat diturunkan dari tiga macam sumber, yaitu a) pembelajaran dari siswa, b) pembelajaran dari masyarakat dimana mereka hidup, c) dari pertimbangan para ahli pendidikan. 

3. Menurut Kumano (2001) sebagai “ The process of Collecting data which shows the development of learning”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa asesmen merupakan istilah yang tepat untuk penilaian proses belajar siswa. Namun meskipun proses belajar siswa merupakan hal penting yang dinilai dalam asesmen, faktor hasil belajar juga tetap tidak dikesampingkan.

4. Menurut Endang Purwati (2008: 4) mengartikan pengukuran sebagai kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada suatu gejala atau peristiwa, atau benda, sehingga hasil pengukuran akan selalu berupa angka.

C. Perbedaan Evaluasi Pembelajaran dan Evaluasi program.

Evaluasi pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian tujuan pembelajaran sedangkan Evaluasi program diartikan sebagai proses pencarian informasi, penemuan informasi dan penetapan informasi yang dipaparkan secara sistematis tentang perencanaan, nilai, tujuan, manfaat, efektifitas dan kesesuaian sesuatu dengan kriteria dan tujuan yang telah ditetapkan.

D. Ruang Lingkup Evaluasi Pembelajaran 

Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dapat ditinjau dari berbagai perspektif, yaitu domain hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan hasil belajar, dan kompetensi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahaya merokok dimasa remaja

Kecanduan gadget diusia muda

Dampak menebang pohon sembarangan di hutan